Nasution, Asrina (2014) PERBEDAAN MEDIA HANDOUT DAN MEDIA SCRAMBLE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101131002 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4101131002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
4101131002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4101131002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4101131002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4101131002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101131002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101131002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4101131002 BAB I.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
4101131002 BAB V.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4101131002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan
peningkatan hasil belajar siswa yang diberikan pengajaran melalui model pembelajaran discovery learning dengan media handout dan pengajaran melalui model pembelajaran discovery learning media scramble pada materi sistem koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas reguler XI IPA MA Negeri 1 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas dengan teknik random sampling (acak) dan masing–masing kelas terdiri atas 40 siswa. Pada kelas eksperimen I diberi pengajaran dengan model Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Handout dan pada kelas eksperimen II diberikan pengajaran dengan model Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Scramble. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas ekperimen I memiliki rata – rata nilai pretest 36,5 + 6,62 dan post-tes 87,12 + 6,18 dengan rata
– rata gain sebesar 0,78. Sedangkan siswa pada kelas eksperimen II memiliki rata – rata nilai pretest 36,62+ 8,41dan pos-tes 87,75+ 6,19 dengan rata – rata gain sebesar 0,84. Hasil uji statistik menggunakan uji t dua pihak menggunakan data gain diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 3,333 sedangkan nilai ttabel sebesar 2,021 pada taraf signifikan α = 0,05, sehingga thitung>ttabel. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diberikan pada kelas
eksperimen I dan kelas eksperimen II yaitu sebesar 0,6 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.345 071 2 Nas p |
Keywords: | teori belajar kimia; media pembelajaran; media handout; media scrambel; sistem koloid; sistem dispersi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 05:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11116 |