Lubis, Fitri (2013) HASIL BELAJAR KIMIA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGANMETODE PRAKTIKUM DAN MEDIA AUDIOVISUAL PRAKTIKUMPADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
10. BAB V.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
12. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa denganmenggunakan metode praktikum dan media audiovisual praktikum pada materipokok koloid di MAN 1 Medan pada kelas XI tahun ajaran 2012/2013. Populasidalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI tahun ajaran 2012/2013.Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen I yang dibelajarkandengan metode praktikum dan kelas eksperimen II yang dibelajarkan denganmedia audiovisual praktikum. Sebagai alat ukur belajar digunakan tes objektifyang berjumlah 20 soal yang telah diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukarandan daya beda soalnya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pre-testkelas eksperimen I (Metode Praktikum ) adalah 49 dan rata-rata pre-test kelaseksperimen II (media audiovisual praktikum) adalah 44. Hasil juga menunjukkanbahwa data pre-test, post-test terdistribusi normal.Dari pengujian hipotesis dengantaraf signifikan (α =0,05) diperoleh data postest thitung = 3,55 > ttabel= 1,667 atauthitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dan perhitungan korelasi(hubungan keaktifan siswa dengan hasil belajar) menunjukkan korelasi positif.Hasil pengujian homogenitas sehingga diketahui kedua kelas homogen. Setelahdiberi perlakuan hasil belajar pada kelas eksperimen I sebesar 83,87 dan padakelas eksperimen II diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 79,37. Dari datatersebut setelah dianalisis, maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelaseksperimen I adalah sebesar 72,03% dan peningkatan hasil belajar siswa kelaseksperimen II adalah sebesar 59,29
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541 345 071 2 /Lub/h |
Keywords: | HASIL PEMBELAJARAN KIMIA ; METODE PELATIHAN ; MEDIA AUDIO UNSUR ; SIFA SIFAT KOLOID ; KOLOID LIOTIF ; KOLOID LIOTOB |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11112 |