Oktari, Ariani (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUN TERHADAP HASIL BELAJAR SIWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4114131001 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4114131001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4114131001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4114131001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4114131001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4114131001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4114131001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4114131001 BAB I.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
4114131001 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4114131001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri berbasis praktikum pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MAN 2 Model Medan, yang berjumlah 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel, yakni thitung = 4,539 > ttabel = 1,6667, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu hasil belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri berbasis praktikum lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Hal ini diperoleh dari analisis data gain. Rata-rata gain yang diperoleh siswa di kelas eksperimen 0,705 dan kelas kontrol 0,587. Sedangkan aspek kognitif yang paling berkembang dengan model pembelajaran inkuiri berbasis praktikum terdiri atas: C1 (pengetahuan) = 43,8%; C2 (pemahaman) = 60,9%; C3(aplikasi) = 81,7%; C4 (analisis) = 32,8%; C5 (sintesis)= 18,8%. Maka dapat dikatakan bahwa semua aspek kognitif pada penyelesaian soal kelarutan dan hasil kali kelarutan sudah terkembangkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.342 071 2 Okt p |
Keywords: | embelajaran dalam kimia; Pembelajaran inkuiri; Hasil kali kelarutan; Keseimbangan larutan; Reaksi pengendapan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11110 |