Nasution, Anggraini Rosa (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBASIS LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOKBAHASAN KOLOID DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
409431005 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409431005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
409431005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
409431005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409431005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
409431005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409431005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409431005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
409431005 BAB I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
409431005 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
409431005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) berbasis laboratorium terhadap hasil belajar siswa dan perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan koloid. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di MAN Kisaran, MAN Limapuluh dan MAN Tanjung Balai yang masing-masing berurutan terdiri dari 3 kelas, 2 kelas dan 4 kelas . Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan mengambil 2 kelas. Sampel penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran CTL berbasis laboratorium dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran konvensional berbasis laboratorium. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata hasil belajar MAN Kisaran sama dengan rata-rata hasil belajar siswa MAN Tanjung Balai sebesar 82,00 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata hasil belajar MAN Limapuluh sebesar 81,67. Dengan penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat dilihat peningkatan hasil belajar (gain) lebih tinggi diterapkan di MAN TANJUNG BALAI yaitu sebesar 74,74 %, dibandingkan MAN KISARAN sebesar 74,45 % dan MAN LIMAPULUH sebesar 74,30 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.345 071 2 Nas p |
Keywords: | Belajar mangajar; Model pembelajaran; CTL; Model konvensional; Sistem koloid; Sifat - sifat koloid. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11107 |