Andfi S. N, Vicky (2014) PENERAPAN KONSTRUKTIVISME DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244310067 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
071244310067 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
071244310067 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
071244310067 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
071244310067 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
071244310067 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
071244310067 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
071244310067 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
071244310067 BAB I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
071244310067 BAB V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
071244310067 DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada siswa yang diajar dengan menerapkan konstruktivisme dengan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pokok bahasan kesetimbangan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tebing Tinggi yang terdiri dari 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang diambil secara random (acak). Kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menerapkan konstruktivisme dengan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kovensional (ceramah dan tanya jawab). Sebelum proses belajar mengajar dilakukan pretest dan setelah pengajaran dilakukan postest. Semua data pretest dan postest dilakukan uji normalitas dan diperoleh data terdistribusi normal. Data pretest kedua kelas diuji homogenitas dan diperoleh bahwa kedua kelas homogen. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji t (pihak kanan) dan diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa yang diajar dengan menerapkan konstruktivisme dengan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pokok bahasan kesetimbangan kimia kelas XI SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.392 071 2 And p |
Keywords: | Belajar kimia; Pendekatan konsttruksivisme; Pembelajaran kooperatif tipe TGT; Heterogen; Keseimbangan kimia; Homogen; Heterogen. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11104 |