Sari, Kartika (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL STAD MEDIA POWER POINT DAN PETA KONSEP DI SMA NEGERI 7 MEDAN PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
409431017 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409431017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
409431017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
409431017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
409431017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
409431017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409431017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409431017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
409431017 BAB I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
409431017 BAB V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409431017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar kimia siswa di SMA Negeri 7 Medan yang dibelajarkan dengan model STAD media power point dengan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model STAD media peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random) dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas yaitu kelas pertama (X4) sebagai kelas eksperimen I dan kelas kedua (X5) sebagai kelas eksperimen II. Sampel penelitian kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 16 soal. Kelas eksperimen I diberikan perlakuan dengan model pembelajaran koperatif tipe STAD media powerpoint dan kelas eksperimen II diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD media peta konsep. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 26,23 ± 6,886 dan nilai rata-rata postest adalah 86,70 ± 6,884 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen II adalah 24,03 ± 6,936 dan nilai rata-rata postest adalah 81,50 ± 6,881. Nilai rata-rata gain kelas eksperimen I diperoleh 82,26% dan nilai rata-rata gain untuk kelas eksperimen II adalah 74,73%. Uji normalitas pretest kelas eksperimen I diperoleh x2 hitung = 10,1 dan χ 2 tabel = 11,07. Uji normalitas pretest kelas eksperimen II diperoleh dan χ 2 hitung = 10,5 dan χ 2 tabel = 11,07. Sehingga χ 2 hitung < χ 2 tabel maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas, diperoleh Fhitung = 1,014 dan Ftabel = 1,85. sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel homogen. Hasil uji t diperoleh thitung= 2,927 dan ttabel = 1,9895, sehingga thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model STAD media powerpoint dengan siswa yang dibelajarkan denga model STAD media peta konsep.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547 010 712 /Sar/p |
Keywords: | HASIL BELAJAR ; PEMBELAJARAN TIPE STAD ; MEDIA POWENPONT ; PETA KONSEP ; MATERI AJAR ; ATOM KARBON ; ALKAM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 05:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11094 |