Purba, Sikstin Nopembri (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENTS HAVE DENGANMENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT TERHADAP AKTIVITASDAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAKELAS XI SMA PADA POKOKBAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
8. BAB I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
9. BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
11. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan model pembelajaranquestion students have dengan menggunakan media handout terhadap aktivitasdan peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMA pada pokok bahasan koloid.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI. Sampel penelitian inisebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang diajarkan dengan modelpembelajaran question students have dan kelas kontrol yang diajarkan tanpamenggunakan model pembelajaran question students have. Sebagai alatpengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yangtelah valid dengan realibilitas adalah 0,806.Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah26,17 dan rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 27,17. Setelah diberikanperlakuan diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 81,5 dankelas kontrol adalah 71,83. Semua data pre-test, post-test berdistribusi normal dankedua kelas sampel homogen. Dari data tersebut setelah dianalisis, makadiperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah sebesar 75%dan peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol adalah sebesar 61%. Dan sesuaidengan uji-t diperoleh bahwa thitung >ttabel yaitu 3,82>1,671 maka hipotesis diterima(Ho ditolak) maka dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa melalui penerapanmodel pembelajaran Question Students Have dengan menggunakan media handout lebihtinggi dari hasil belajar siswa tanpa model pembelajaran Question Students Have denganmenggunakan media handout pada pokok bahasan sistem koloid.Dari hasil observasi yaitu melihat aktivitas siswa diperoleh hubunganaktivitas siswa dengan hasil belajar. Untuk melihat hubungan tersebut makadilakukan uji regresi linier dengan membandingkan nilai F yang diperoleh (F-hit)dengan F tabel(0,05)(1)(28)=4,22 pada α=0.05, dengan kriteria : jika F-hit > F-tabelyaitu 41,98>4,22 maka Ho ditolak yang berarti ada hubungan aktivitas yangditimbulkan melalui penerapan model Question Students Have terhadap peningkatanhasil belajar siswa SMA kelas XI IPA pada pokok bahasan sistem koloid. Dengan itudiperoleh koefisien determinasi (koefisien regresi) dalam persen adalah 0,473 x100% = 47,3 %. Maka sumbangan variabel X (aktivitas belajar) terhadap variabelY (hasil belajar) adalah 47
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541 345 071 2 /Pur/p |
Keywords: | AKTIVITAS BELAJAR ; MODEL PEMBELAJARAN AKTIF ;HANDROIT ; KOLOID LIOTIL ; KOLOID LIOTOB ; PEMURNIAN KOLOID |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 09:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11084 |