TANJUNG, EVA SUSANTI (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT(NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA SUBMATERI POKOK SISTEMREPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI I MERANTITAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409441011 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
409441011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
409441011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409441011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409441011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409441011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409441011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409441011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409441011 BAB I.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
409441011 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409441011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa melaluimodel pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) danmengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered HeadTogether) pada sub materi pokok Sistem Reproduksi Manusia di kelas XI-IPASMA Negeri I Meranti T.P. 2012/203. Sampel dalam penelitian ini adalahsebanyak 1 kelas yang diambil dengan teknik purposive sampling (sampelbertujuan). Penelitian ini bersifat deskriptif, jadi dalam analisis data yangdigunakan adalah analisis data secara deskriptif. Instrumen penelitian ini sebanyak40 soal dalam bentuk pilihan berganda dengan pemberian skor satu untuk jawabanyang benar dan skor nol untuk jawaban yang salah.Berdasarkan hasil analisis data, secara deskriptif dapat digambarkanbahwa ketuntasan belajar siswa secara perorang dan klasikal telah tercapai denganpersentase 85%, penguasaan materi siswa secara klasikal telah terpenuhi denganpersentase 48,70% dan secara perorang didapat kan hasil sebesar 0,47% dengankategori sedang, dan ketuntasan pencapaian TPK telah tercapai dengan persentase80% TPK yang telah tuntas. Hasil observasi menunjukan aktivitas siswamengalami peningkatan dari pertemuan I (177,5%) dan pertemuan Ke II(299,8%). Dan Dari hasil lembar kerja keterampilan sosial siswa didapatkan hasilsebesar 75%. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa siswa tingkat keterampilansosial siswa tergolong kriteria kurang setelah dilaksanakannya pembelajarankooperatif tipe NHT. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatiftipe NHT yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa tidakefektif . Dengan hasil analisis data ini, dapat dikatakan bahwa pembelajarankooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) pada sub materi pokok SistemReproduksi Manusia di kelas XI SMA Negeri I Meranti adalah efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574 160 71 /Tan/e |
Keywords: | BELAJAR ; MENGAJAR ; HASIL BELAJAR ; MODEL PEMBELAJARAN ; REPRODUKSI ; HORMON ; KEHAMILAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11079 |