Nasution, Nursyakilah (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA TAMAN SISWA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341014 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409341014 LEMBAR POENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
409341014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
409341014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
409341014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409341014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409341014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
409341014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409341014 BAB I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
409341014 BAB V.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409341014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Teams Assisted Individualization) dan tipe SFAE (Student Facilitator and Explaining) pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia di kelas XI IPA SMA Taman Siswa Medan Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Taman Siswa Medan dan diambil secara total sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA2 . dimana kelas XI IPA1 diajar dengan TAI sedangkan kelas XI IPA2 diajar dengan Kelas SFAE. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes objektif 25 soal dari 40 soal yang telah diuji validitasnya. Hasil penelitaian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran TAI (Teams Asissted Individualization) dengan tipe SFAE (Student Facilitator and Explaining) nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas TAI sebesar 83,466 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas SFAE 78,000. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut dibiuktikan melaui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05 dimana thitung 3,096 > ttabel 2,0021, yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan tipe SFAE pada materi pokok sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA SMA Taman siswa Medan Tahun Pelajaran 2012/2013.Secara Statistik dimana hasil belajar siswa pada kelas TAI lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa pada kelas SFAE.Untuk data aktivitas disajikan dalam bentuk persentase aktivitas diajar dengan TAI memiliki aktivitas sebesar 86% dengan kategori (sangat baik) sedangkan kelas yang diajar dengan SFAE memiliki aktivitas sebesar 74% dengan kategori (baik).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 71 Nas p |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Aktivitas Belajar; Pembelajaran Kooperatif; TAI; SAFE; Sistem Ekskresi Manusia; Ginjal; Hati; Urine; Augmentasi; Kulit; Paru-paru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11068 |