Silaban, Winarto (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA DIKELAS IX SMP NEGERI 1 SUMBUL T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408141121 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
408141121 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
408141121 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
408141121 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
408141121 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
408141121 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408141121 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408141121 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408141121 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
408141121 BAB I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
408141121 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
408141121 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sumbul melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Biologi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IX-1 SMP Negeri 1 Sumbul T.P 2012/2013 yang berjumlah 24 orang. Penelitian didesain dalam bentuk penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research), dengan indikator keberhasilan, jika nilai ketuntasan siswa telah mencapai KKM mata pelajaran ≥ 70 dan ketuntasan klasikal ≥ 70 %. Pada siklus I, materi ajar Macam-Macam Organ/bangun Sistem Ekskresi Manusia, bentuk tindakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) setelah mendapat penjelasan langkah-langkah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dari guru dan siswa ditugaskan membuat kelompok dan penerapan model tersebut. Siklus II, materi ajar Fungsi dan Kelainan Sistem Ekskresi Manusia, bentuk tindakan dengan memberikan motivasi untuk saling bekerjasama dalam kelompok, kemudian siswa diberikan banyak pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan turnamen. Parameter hasil belajar diukur menggunakan teknik persentase ketuntasan belajar siswa secara individu dan klasikal. Nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah tindakan siklus I adalah 65,45 dan hasil belajar setelah tindakan siklus II adalah 83,45. Menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I sebesar 33,33 % dan pada siklus II ketuntasan klasikal sebesar 91,66%. Hasil observasi menunjukkan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari pada siklus I ke siklus II. Hasil penelitian membuktikan, bahwa pembelajaran mata pelajaran biologi menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-1 SMP Negeri 1 Sumbul tahun pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 71 Sil e |
Keywords: | Model Pembelajaran; TGT; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Sistem Ekskresi Manusia; Ginjal; Kulit; Paru-paru; Hati |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11065 |