Fauzan (2013) HUBUNGAN FAKTOR EKSTERNAL DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI KELAS XI SEMESTER II SMA KESATUAN MERANTI KABUPATEN ASAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341021 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
409341021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
409341021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
409341021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
409341021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
409341021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409341021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
409341021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
409341021 BAB I.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
409341021 BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
409341021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor eksternal dengan hasil belajar biologi siswa dikelas XI semester II SMA Kesatuan Meranti Kabupaten Asahan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Kesatuan Meranti yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 61 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu 1 kelas sebanyak 27 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi dengan kuesioner (angket) sebagai pengumpulan data penelitian. Adapun faktor eksternal yang diukur dalam penelitian ini adalah faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat.Dari analisis data penelitian faktor eksternal diperoleh hasil 3 siswa (11,11 %) memiliki faktor eksternal dengan kategori tinggi, 9 siswa (33,33 %) memiliki faktor eksternal dengan kategori cukup, 11 siswa (40,74 %) memiliki faktor eksternal dengan kategori Kurang dan 4 siswa (14,81 %) memiliki faktor eksternal dengan kategori rendah. Dengan ini faktor eksternal dikategorikan kedalam kategori kurang. Dari persamaan regresi diperoleh Ŷ = -147,80 + 1,126X. kemudian dilanjutkan dengan melakukan uji keberartian regresi dan uji linieritas regresi untuk mengetahui bentuk hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat diperoleh bahwa Fhitung (0,63<3,47) maka persamaan regresi tersebut linier. Dari perhitungan koefisien korelasi didapatkan r = 0,55 dan indeks determinasi I = 30% artinya ada korelasi positif dan berarti antar faktor eksternal dengan hasil belajar siswa, dimana 30% dari hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor eksternal. Besar kontribusi masing-masing faktor yaitu faktor sekolah 10,48 %, faktor keluarga 9,90 %, dan faktor masyarakat 9,61 %. Dari hasil perhitungan uji hipotesis dimaksud untuk menguji keberartian pengaruh dari variabel bebas diperoleh thitung¬¬ = 3,27 dan ttabel = 1,708, dengan membandingkan nilai thitung dan ttabel diperoleh thitung >ttabel (3,27>1,708) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima dengan penerimaan Ha berarti disimpulkan bahwa Ada Hubungan Yang Signifikan Antara Faktor Eksternal Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI Semester II SMA Kesatuan Meranti Kabupaten Asahan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 2 Fa h |
Keywords: | Konsep Belajar; Hasil Belajar; Faktor Eksternal; Faktor Internal; Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11058 |