Simanjuntak, Rusmiati (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI1 SIPAHUTAR TAHUN PEMBELAJARAN2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141084 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
409141084 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
409141084 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
409141084 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
409141084 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
409141084 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409141084 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409141084 BAB I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
409141084 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409141084 DAFTARA PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa belum mencapai nilai ketuntasan (70) dalam pelajaran Biologi pada pokok bahasan Ekosistem, guru masih cenderung menggunakan pola pengajaran non media dan metode yang digunakan guru kurang tepat, hanya di visualkan saja sehingga semangat siswa dan aktivita siswa dalam belajar rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan media audio visual pada pelajaran biologi dengan pokok bahasan Ekosistem di kelas X SMAN 1 SIPAHUTAR.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan dalam penelitiana ini adalah pendekatan kualitatif yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XH SMA N 1 Sipahutar.Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes dan observasi. Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan rumus persentase ketuntasan belajar siswa. Secara individual siswa dikatakan tuntas jika memenuhi KKM yang ditentukan sekolah untuk mata pelajaran PKN yaitu 70 dan secara klasikal dikatakan tuntas jika 80% siswa yang tuntas belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Sipahutar. Dari hasil pre test diperoleh nilai rata- rata hasil belajar sebesar 37,12 dengan ketuntasan belajar 13,8% setelah dilaksanakan siklus I diperoleh nilai rata-rata 64,23 dengan ketuntasan belajar sebanyak 17 orang atau 47,2% dan penilaian observasi terhadap guru sebesar 85,71%. Dari hasil siklus I masih banyak didapati kesalahan-kesalahan di dalam proses pembelajaran walaupun telah menggunakan media audio visual. Pada siklus II nilai rata- rata siswa meningkat menjadi 84,89 dengan ketuntasan belajar sebesar 94,4% Peningkatan dari keadaan awal (pre test) ke siklus II pada rata- rata hasil belajar sebesar 47,77 pada ketuntasan hasil belajar sebesar 71,91 % dengan menggunakan media audio visual . Sedangkan pada penilaian terhadap observasi guru pada siklus I mendapatkan nilai 85,71% karena dari 7 indikator ada 3 indikator guru mendapatkan nilai 4 yaitu sangat baik dan ada 4 indikator guru mendapatkan nilai 3 yaitu baik. Dan pada siklus II guru memperoleh nilai sebesar 96,42% ini terlihat dari 7 indikator yang gunakan untuk mengobservasi guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577 107 12 / Sim/n |
Keywords: | HASIL BELAJAR ; MEDIA PEMBELAJARAN ; MEDIA AUDIO VISUAL ; EKOSISTIM ; DINAMIKA EKOSISTIM ; SUKSESI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 04:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11052 |