Kurnia, Anggun (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS VII SMP SWASTA PEMBANGUNAN GALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341004 Cover.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
409341004 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (571kB) | Preview
409341004 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
409341004 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (571kB) | Preview
409341004 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
409341004 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
409341004 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
409341004 Bab I.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
409341004 Bab V.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
409341004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
409341004 Daftar Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Swasta Pembangunan Galang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran Biologi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIIb, berjumlah 32 orang siswa SMP Swasta Pembangunan Galang T.P 2012/2013. Penelitian didesain dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil instrumen tes berupa pre-tes dan post-tes dan observasi keaktifan siswa dengan menggunakan lembar observasi aktivitas. Hasil belajar dianalisis dengan tingkat ketuntasan belajar siswa, ketuntasan kelas, dan analisis data observasi aktivitas belajar siswa secara individu dan klasikal. Hasil observasi menunjukkan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 53.12%, dimana pada siklus I aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 40.62% meningkat pada siklus II menjadi 93.75%. Rata-rata hasil belajar siswa setelah tindakan siklus I adalah 69.06 dan hasil belajar setelah tindakan siklus II adalah 78.75. Menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa 9.69. Ketuntasan belajar secara klasikal siswa pada siklus I sebesar 53.12% (17 orang siswa/tuntas) dan pada siklus II ketuntasan klasikal sebesar 84.37% (27orang siswa/tuntas). Hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran mata pelajaran Biologi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Swasta Pembangunan Galang Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Kur p |
Keywords: | Konsep Belajar; Strategi Pembelajaran; Team Games Tournament; Hasil Belajar; AKtivitas Belajar; Ekosistem |
Subjects: | Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11036 |