Lubis, Ayu Grenty (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341006 Cover.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409341006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
409341006 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
409341006 Abstract.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
409341006 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409341006 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409341006 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
409341006 DaftarLampiran.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409341006 Bab I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
409341006 Bab V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
409341006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
409341006 Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta aktivitas belajar siswa pada sub materi pokok Pencemaran Lingkungan dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dimulai dengan pengembangan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Sunggal yang berjumlah 31 siswa. Instrument yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Data diperoleh dari tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda, kemudian data diperoleh dari observasi yang merupakan catatan penting untuk melihat aktivitas siswa saat kegiatan belajar mengajar pada setiap siklus dan dilakukan penyempurnaan pada implementasi tindakan. Peningkatan aktivitas belajar siswa setelah di lakukannya pengamatan oleh dua orang observer selama pembelajaran berdasarkan masalah berlangsung yaitu sebesar 40,33%. Rata-rata nilai pretes siswa tentang sub materi pokok pencemaran lingkungan sebelum dilakukan pembelajaran berbasis masalah adalah 63,88. Tingkat kemampuan siswa setelah diberikan pembelajaran dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada siklus I nilai postes rata-rata yaitu 70,10 sedangkan pada siklus II nilai postes rata-rata 81,50. Sehingga persentase peningkatan hasil belajar siswa adalah sebesar 16,27%. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 51,60%, dengan jumlah siswa yang mencapai kriteria belajar tuntas sebanyak 16 siswa dan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II yaitu 93,53% dengan jumlah siswa yang mencapai kriteria belajar tuntas sebanyak 29 siswa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu sebesar pada sub materi pokok pencemaran lingkungan di kelas X7 SMA Negeri 1 Sunggal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Lub p |
Keywords: | Pembelajaran; Pembelajaran Berbasis Masalah; Aktivitas Belajar; Mengorientasikan; Membantu; Menyajikan Hasil Kerja |
Subjects: | Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11022 |