Siregar, Safely Oktavina (2013) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409441035 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
409441035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
409441035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
409441035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
409441035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
409441035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409441035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409441035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409441035 BAB I.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
409441035 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409441035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Konvensional dengan model Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok sistem reproduksi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Angkola Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Angkola Timur yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 60 orang. Pengambilan sampel secara keseluruhan (total sampling) dimana masing-masing kelas berjumlah 30 orang. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini berupa soal pilihan berganda yang berjumlah 25 buah yang digunakan sebagai soal pre-test dan post-test. Rata-rata hasil belajar yang didapatkan untuk kelas Konvensional sebasar 63,06 lebih rendah dibanding kelas PBL yaitu sebesar 72,40. Uji prasyarat analisis data menunjukkan bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan kedua kelas sampel memiliki kesamaan varians (homogen). Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung = 3,66 dan ttabel=1,68 dengan dk=58 dan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan kriteria Ho diterima jika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.160 71 Sir p |
Keywords: | Strategi Belajar Mengajar; Model Pembelajaran; PBL; Pembelajaran Konvensional; Sistem Reproduksi Pada Manusia; Sistem Reproduksi Laki-laki; Fertilisasi; Menstruasi; Kehamilan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 06:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11021 |