Situmeang, Rani (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM DISERTAI DENGAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA SMA SWASTA SANTO PETRUS SIDIKALANG T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141077 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409141077 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
409141077 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
409141077 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
409141077 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
409141077 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409141077 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409141077 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409141077 BAB I.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
409141077 BAB V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
409141077 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Listening Team disertai dengan Talking Stick pada materi Sistem Reproduksi Manusia di kelas XI IPA SMA Swasta Santo Petrus Sidikalang tahun pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan data diperoleh dari satu kelas yang dipilih secara sampling purposif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Santo Petrus Sidikalang yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 100 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil satu kelas yaitu kelas XI IPA 2 yang terdiri dari 48 orang siswa yang diberikan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Listening Team disertai dengan Talking Stick. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Sebelum tes diberikan kepada siswa, terlebih dahulu diuji kelayakannya di luar sampel yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya beda soal. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa nilai rata-rata pretest 54,02 dan nila rata-rata postest 65,16. Untuk ketuntasan belajar, ada 38 orang siswa yang belum tuntas (79,16%) dan 10 siswa (20,8%) yang tuntas. Dari hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Listening Team disertai dengan Talking Stick pada materi sistem reproduksi manusia di kelas XI IPA 2 SMA Swasta Santo Petrus Sidikalang tahun pembelajaran 2012/2013 belum memberikan hasil yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.160 71 Sit p |
Keywords: | Belajar; Model Pembelajaran; Reproduksi Manusia; Organ Reproduksi; Menstruasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11018 |