PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MENGGUNAKAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA DIKELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN T.P. 2012/2013

Hutasoit, Elisabeth (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MENGGUNAKAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA DIKELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409121022 COVER.pdf]
Preview
Text
409121022 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 409121022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409121022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 409121022 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409121022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 409121022 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409121022 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 409121022 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409121022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 409121022 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409121022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 409121022 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
409121022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 409121022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409121022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 409121022 BAB I.pdf]
Preview
Text
409121022 BAB I.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of 409121022 BAB V.pdf]
Preview
Text
409121022 BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 409121022 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409121022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarankooperatif tipe Jigsaw menggunakan animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi termodinamika di kelas XI SMA Negeri 7 Medan T.P. 2012/2013Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitianadalah seluruh siswa kelas XI Semester II SMA N. 7 Medan yang terdiri dari 4kelas yang berjumlah 160 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan caracluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitukelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang dan kelas XIIPA 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang.Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar yang merupakan tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal yang telah memenuhi validitas isi. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menggunakan animasi dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional.Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 34,9 dengan standar deviasi 10,6 dan nilairata-rata pretes kelas kontrol 37,1 dengan standar deviasi 9,4. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung = 1,000 dan ttabel = 1,994 sehingga thitung < ttabel , maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelassama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan modelpembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menggunakan animasi dan kelas kontroldengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 73,2 dengan standar deviasi 10,8 dan kelas kontrol 66,8 dengan standar deviasi 10,3. Dari hasilpengolahan data postes dengan menggunakan &#945; = 0,05 dan dk = 78 diperoleh bahwa thitung = 2,782 dan ttabel = 1,994, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipeJigsaw menggunakan animasi memberikan pengaruh yang signifikan dalammeningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 536.704 12 Hut p
Keywords: Pembelajaran Kooperatif; Jigsaw; Hukum Termodinamika; Kalor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 23 Aug 2016 04:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11010

Actions (login required)

View Item
View Item