Berutu, Lidya Karmila (2014) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII SMP N 1 SATU ATAP SITINJO TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409411025 COVER.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
409411025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
409411025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
409411025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
409411025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
409411025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
409411025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
409411025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
409411025 BAB I.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
409411025 BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
409411025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
409411025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek dalam penelitian ini adalah 40 siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Satu Atap Sitinjo dan Objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Instrumen dalam penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes awal yaitu 5 dari 40 orang (12,5%) dengan rata-rata kelas 38,88. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada tes hasil belajar I adalah 19 dari 40 orang (47,5 %) dengan rata-rata kelas 64,25 dan tes hasil belajar II adalah 25 dari 40 orang (62,5 %). Hasil analisis data pada siklus II dengan strategi pembelajaran yang sama, banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada tes hasil belajar III adalah 34 dari 40 orang (85 %) dan rata-rata kelas 72,88 dan tes hasil belajar IV adalah 35 dari 40 orang (87,5 %) dan rata-rata kelas 74,75. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal yaitu minimal 85% dari jumlah siswa mempunyai daya serap ≥ 70 % maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar klasikal.Pada siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada pertemuan I sebesar 47,5% dan pada pertemuan II sebesar 62,5%. Karena rata-rata persentase hasil belajar siswa belum mencapai 70% maka dilanjutkan dengan siklus II. Dari siklus II diperoleh rata-rata persentase hasil belajar siswa pada pertemuan I sebesar 85% dan pada pertemuan II sebesar 87,5% . Berdasarkan kriteria tes hasil belajar maka pembelajaran ini telah mencapai target peningkatan hasil belajar yaitu apabila skor hasil belajar siswa minimal 70 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Ber p |
Keywords: | Belajar Matematika; Pembelajaran Kooperatif; Tipe STAD; Persamaan Linier Dua Variabel; Penyelesaian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11003 |