Maulina, Ria (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS VIII SMP NEGERI 28 MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409111064 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
409111064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
409111064 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
409111064 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
409111064 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
409111064 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409111064 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409111064 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
409111064 BAB I.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
409111064 BAB V.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
409111064 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative IntegratedReading and Composition (CIRC) dan Student Team Achievement Division (STAD) di kelas VIII SMP Negeri 28 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Medan yang terdiri dari 10 kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas secara acak, artinya setiap kelas mempunyai peluang yang sama untuk dijadikan sampel. Satu kelas sebagai eksperimen A yaitu kelas VIII-A yangmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan satu kelas sebagai kelas eksperimen B yaitu kelas VIII-J yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan test essay sebanyak 5 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli.S ebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data pada kelas eksperimen A diperoleh nilai rata-rata pretest 43,821 dan simpangan baku pretest 12,061 sedangkan nilai rata-rata posttest 77,428 dan simpangan baku posttest 11,153. Pada kelas eksperimen B diperoleh nilai rata-ratapretest 42,357 dan simpangan baku pretest 11,985, sedangkan nilai rata-rata posttest 70,178 dan simpangan baku posttest 10,136. Dari analisis data posttest dengan menggunakan uji-t pada taraf  = 0,05 diperoleh nilai thitung = 2,548 dan ttabel = 1,673. Sehingga diperoleh thitung (2,548) > ttabel (1,673) maka H0 ditolak dan Ha diterima Maka dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran tipe Cooperative Integrated Reading andComposition (CIRC) dan tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 28 Medan T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Mau p |
Keywords: | Pembelajaran Matematika; Model Pembelajaran; Tipe CIRC; STAD; Sistem Persamaan Linear Dua Variabel; Soal Cerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11002 |