Rambe, Khairina (2014) PENERAPAN METODE INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN LAS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 RANTAU UTARA LABUHAN BATU T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
408311026 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
408311026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
408311026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
408311026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
408311026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
408311026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
408311026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
408311026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
408311026 BAB I.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
408311026 BAB V.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
408311026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajarsiswa kelas VII SMP Negeri 3 Rantau Utara Labuhan Batu pada pokok bahasanpecahan dengan menggunakan Metode Inkuiri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Rantau Utara Labuhan Batu yang berjumlah 39 orang dan objek penelitian ini adalah penggunaan metode inkuiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan.Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom ActionResearch). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3Rantau Utara Labuhan Batu yang berjumlah 39 orang, yang terdiri dari 20 orangsiswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan metode inkuiri dengan menggunakan LAS pada pokok bahasan pecahan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dari 39 siswa terdapat 34 siswayang mencapai skor  65% dan 5 orang siswa yang mencapai skor < 65%. Dandari hasil tes belajar II diperoleh nilai rata-rata siswa 75,64. Berdasarkan kriteria keefektifan pembelajaran yang terpenuhi yakni: 1) Ketuntasan belajar siswa secara klasikal dan individu mencapai 87% yang memperoleh nilai  65 dan siswa lainnya atau 13% memperoleh nilai < 65, maka pembelajaran ini dikatakan tuntas 2) Tingkat penguasaan siswa dari tes belajar II mencapai kriteria sedang, maka pembelajaran ini dikatakan telah tercapai, 3) Hasil observasi pembelajaran berjalan dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan meode inkuiri berbantuan LAS efektif digunakan dalam pembelajaran pokok bahasan pecahan. Dari hasil lembar observasi aktivitas belajar siswa diperoleh hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama, kedua,ketiga dan keempat adalah 65,48; 68,58;74,14;dan 75,53. Rata-rata hasil pengamatan aktivitas belajar siswa 70,93. Berdasarkan kriteria keaktifan belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode inkuiri berbantuan LAS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.260 71 Sir p |
Keywords: | Belajar; Aktivitas Belajar; Metode Inkuiri; Lembar Aktivitas Siswa; Bilangan; Jenis-jenis Pecahan; Operasi Hitung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10999 |