Sirait, Reni F. (2014) PENERAPAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 17 MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409111063 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
409111063 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
409111063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
409111063 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
409111063 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
409111063 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409111063 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409111063 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
409111063 BAB I.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
409111063 BAB V.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
409111063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran Think Talk Write di kelas X SMA Negeri 17 Medan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 43 orang siswa kelas X-1 SMA Negeri 17 Medan dan objek penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan persamaan kuadrat dengan menerapkan strategi Think Talk Write. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan persaman kuadrat dan lembar observasi untuk melihat proses pembelajaran ketika menerapkan strategi Think Talk Write dan melihat aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Sebelum memberikan tindakan terlebih dahulu diberikan tes awal dan pada setiap akhir siklus diberikan tes hasil belajar. Dari hasil analisis tes awal diperoleh 4 orang siswa yang tuntas atau 9,3% dengan nilai rata-rata kelas 37,56. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 27,9% dari 48,84% di siklus I menjadi 76,74% di siklus II. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan penerapan strategi TTW, banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 18 dari 43 orang (41,86%) dengan rata-rata kelas 60,70. Hasil analisis data pada akhir siklus II dengan strategi pembelajaran yang sama, banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 37 dari 43 orang (86,05%) dan rata-rata kelas 75,12. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar klasikal.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan strategi Think Talk Write pada pokok bahasan persamaan kuadrat di kelas X-1 SMA Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Saran yang diajukan yaitu bagi guru matematika yang ingin meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dapat menerapkan strategi pembelajaran Think Talk Write.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 71 Sir p |
Keywords: | Pembelajaran Matematika; Aktivitas Belajar; Strategi Pembelajaran; Materi Persamaan; Kuadrat; Akar-akar; Rumus Jumlah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10995 |