Allwine (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH BERBANTUAN LOGIS MATEMATIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEORI KINETIK GAS KELAS XI IPA SMA NEGERI 7 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121004 cover.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
409121004 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
409121004 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
409121004 abstrak.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
409121004 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
409121004 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
409121004 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
409121004 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
409121004 BAB 1.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409121004 BAB V.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
409121004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Berbantuan Logis Matematis terhadap hasil belajar siswa pada materi Teori Kinetik Gas di kelas XI IPA SMA Negeri 7 Medan T.P. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas XI IPA SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA 2 dengan menggunakan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah berbantuan logis matematis dan kelas XI IPA 1 dengan menggunakan Pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes yang berbentuk pilihan ganda untuk soal pre-test dan post-test yang dibuat sebanyak 15 soal dan terdiri dari 5 pilihan jawaban dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda, setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitasDari hasil penelitian rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 32,98 dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretes 32,55. Untuk data pretes, pada pengujian normalitas di kelas eksperimen dengan Lhitung=0,1419 dan Ltabel= 0,1437, kelas kontrol dengan Lhitung=0,1447 dan Ltabel=0,1519, diperoleh Lhitung<Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung=1,02 dan Ftabel=1,57 sehingga Fhitung<Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t diperoleh thitung=-0,20 dan ttabel=2,02, sehingga yaitu -2,02<0,20<2,02 maka H0 diterima. Dengan demikian kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kelas kontrol. Setelah diberikan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata postes pada kelas eksperimen sebesar 74,91 dengan Lhitung=0,1346 dan Ltabel=0,1437 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata postes siswa 63,33 dengan Lhitung=0,1506 dan Ltabel =0,1519 diperoleh Lhitung<Ltabel maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung=1,11 dan Ftabel=1,57 sehingga Fhitung<Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,41> 1,69 pada taraf signifikansi α=0,05. Hal ini berarti Ha terima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model Pembelajaran Berdasarkan Masalah berbantuan logis matematis terhadap hasil belajar siswa pada materi Teori Kinetik Gas di kelas XI IPA SMA Negeri 7 Medan T.P. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 533.207 12 All p |
Keywords: | Aktivitas; Belajar; Hasil Belajar; Pembelajaran Berdasarkan Masalah; Konvensional; Logis Matematis; Kinetik Gas; Suhu; Energi Kinetic; Boyle; Charlis-Guy Lussac |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10993 |