PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION) DENGAN MEDIA MICROSOFT OFFICE POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI STRUKTUR ATOM

Hasibuan, Yusuf Akbar (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION) DENGAN MEDIA MICROSOFT OFFICE POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[thumbnail of 10. BAB V.pdf]
Preview
Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 11. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan model model pembelajaran koperatif tipe STAD (Students Teams Achiviements Division) dengan media Microsoft Office PowerPoint pada materi pokok struktur atom di MAN Rantauprapat pada kelas X. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya.Dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen (STAD) adalah 35,16 dan rata-rata pre-test kelas kontrol (Konvensional) adalah 29,50. Semua data pre-test, post-test dan diperoleh data berdistribusi normal. Data tersebut kemudian diuji homogenitas sehingga diketahui kedua kelas homogen. Setelah diberi perlakuan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 70,66±8,87 dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 61,50±7,21. Dari data tersebut setelah dianalisis, maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah sebesar 55,00% dan peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol adalah sebesar 44,90%. Sehingga dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe STAD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.240 71 Has p
Keywords: Ciri-ciri Belajar; Belajar Kimia; Mengajar; Kooperatif Tipe STAD; Media Pembelajaran; Struktur Atom; Model Atom
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 26 Sep 2016 04:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10986

Actions (login required)

View Item
View Item