Hasibuan, Yusuf Akbar (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION) DENGAN MEDIA MICROSOFT OFFICE POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
10. BAB V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan model model pembelajaran koperatif tipe STAD (Students Teams Achiviements Division) dengan media Microsoft Office PowerPoint pada materi pokok struktur atom di MAN Rantauprapat pada kelas X. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya.Dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen (STAD) adalah 35,16 dan rata-rata pre-test kelas kontrol (Konvensional) adalah 29,50. Semua data pre-test, post-test dan diperoleh data berdistribusi normal. Data tersebut kemudian diuji homogenitas sehingga diketahui kedua kelas homogen. Setelah diberi perlakuan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 70,66±8,87 dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 61,50±7,21. Dari data tersebut setelah dianalisis, maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah sebesar 55,00% dan peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol adalah sebesar 44,90%. Sehingga dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe STAD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 71 Has p |
Keywords: | Ciri-ciri Belajar; Belajar Kimia; Mengajar; Kooperatif Tipe STAD; Media Pembelajaran; Struktur Atom; Model Atom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10986 |