Suprayogi, Amar (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) MENGGUNAKAN MEDIA PERO KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR KIMI SISWA PADA MATERI POKOK STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
409131006 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
409131006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
409131006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
409131006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
409131006 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
409131006 TABLES.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409131006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409131006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409131006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
409131006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409131006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran model Kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining menggunakan media Peta Konsep lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran model kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining pada pokok bahasan Struktur Atom di SMAN 1 Simpang Kanan Pada kelas X. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Simpang Kanan tahun pelajaran 2013/2014. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling random sederhana, yaitu dengan cara melakukan undian. Sehingga diperoleh kelas eksperimen yang diberi pengajaran dengan pembelajaran model kooperatif Student Facilitator And Explaining menggunakan media Peta Konsep dan kelas kontrol yang diberi pengajaran dengan pembelajaran model Konvensional. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 22 soal yang telah teruji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 42,72 dan hasil rata-rata post-test sebesar 89,69 dengan rata-rata peningkatan hasil belajar diperoleh sebesar 81%. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol sebesar 33,63 dan hasil rata-rata post-test sebesar 80,87 dengan rata-rata peningkatan hasil belajar diperoleh sebesar 71%. Sehingga dapat diketahui bahwa pembelajaran model Kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa sebesar 10%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajarkan melalui penerapan pembelajaran model Kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining menggunakan media Peta Konsep lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa melalui pembelajaran model SFAE pada pokok bahasan Struktur Atom di kelas X SMAN 1 Simpang Kanan Tahun Ajaran 2013/2014, yang dibuktikan pengujian hipotesis menggunakan uji-t dimana thitung = 3,22 dan ttabel = 1,67 (thitung > ttabel) dengan taraf signifikansi 95 % (α = 0,05) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 71 Sup p |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Kimia; Model SFAE; Struktur Atom; ISOTOP; Isoton Suatu Unsur; Elektron Valensi |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD625 Radiation chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Nov 2016 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10976 |