Simarmata, Novita Purnama Sari (2014) EFEKTIVITAS MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) PADA PEMBELAJARAN BERBASIS KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP KOMUNIKATIF SERTA KERJASAMA SISWA KELAS X PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
409431025 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
409431025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
409431025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
409431025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
409431025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
409431025 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
409431025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
409431025 BAB I.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
409431025 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409431025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran berbasis kooperatif dengan pemanfaatan media TTS,(2) Untuk mengetahui hubungan signifikan karakter komunikatif terhadap hasil belajar saswa dalam pembelajaran kooperatif TGT,(3) Untuk mengetahui hubungan signifikan karakter kerjasama terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif TGT,dan (4)Mengetahui efektivitas media teka-teki silang dapat meningkatkan hasil belajar, komunikatif, dan kerja sama siswa pada pembelajaran berbasis kooperatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA SW Duyn Hoven Saribudolok yang berjumlah 4 kelas dan masing-masing kelas berjumlah 42 orang. Kelas X2 yang diberi pengajaran TGT dengan menggunakan media Teka-teki silang dan kelas X1 yang diberi pengajaran TGT tanpa menggunakan media, kelas X3 dengan metode ceramah. Masing-masing sampel penelitian ketiga kelas eksperimen adalah 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 18 soal (r11= 0,87801) dan lembar obsevasi karakter kerja sama dan karakter komunikatif. Jenis penelitian ini adalah rancangan faktorial. Teknik analisa data menggunakan ANAVA satu arah dan dilanjutkan dengan uji BNT . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran berbasis kooperatif dengan pemanfaatan media TTS,(2) Ada hubungan signifikan karakter komunikatif terhadap hasil belajar saswa dalam pembelajaran kooperatif TGT,(3) ada hubungan signifikan karakter kerjasama terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif TGT,dan (4) Media teka-teki silang cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar, komunikatif, dan kerja sama siswa pada pembelajaran berbasis kooperatif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 71 Sim e |
Keywords: | Belajar dan Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kooperatif; Belajar Menyenangkan; Media Pembelajaran; Teka-Teki Silang; Pendidikan Karakter; Hidrokarbon |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Nov 2016 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10962 |