Wiratama, Sri Sukandi (2014) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POKOK ALJABAR DI KELAS VII SMP PRAYATNA MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409311052 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
409311052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409311052 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
409311052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
409311052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
409311052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409311052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
409311052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409311052 BAB I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
409311052 BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
409311052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana strategi penerapan metode talking stick untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok aljabar di kelas VII SMP Prayatna Medan T.A 2013/2014. (2) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa ketika diterapkan metode talking stick untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok aljabar di kelas VII SMP Prayatna Medan T.A 2013/2014. (3) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode talking stick pada materi pokok aljabar di kelas VII SMP Prayatna Medan T.A 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelasVII-4 SMP Prayatna Medan yang berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalahpenerapan metode pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajarmatematika siswa pada materi pokok aljabar di kelas VII SMP Prayatna MedanTahun ajaran 2013/2014. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes,observasi dan wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum menerapkan tindakan, siswa diberikan tes awal. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, terdapat 6 dari 27 siswa (22,22%) yang mencapai ketuntasan belajar klasikal dengan rata-rata 55,25 Setelah pemberian tindakan pada siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah (27,5 %) atau ada 29 dari 40 siswa yang tuntas belajar secaraindividu dengan nilai rata-rata 74,5. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakanpada siklus II, tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah (87,5 %) atau ada 35 dari 40 siswa (87,5 %) yang tuntas belajar secara individu dengan nilai rata-rata 78,88. Hasil penelitian ini membuktian bahwa penerapan metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok aljabar di kelas VII SMP Prayatna Medan Tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.943 071 Wir p |
Keywords: | Hasil Belajar Matematika; Metode Talking Stick; Materi Pokok Aljabar; Belajar dan Pembelajaran; Operasi Aljabar; Penjumlahan |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Nov 2016 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10960 |