Nasution, Lidya Sari (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI PLSV DI KELAS VII SMP NEGERI 1 KISARAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409311024 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
409311024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
409311024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
409311024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
409311024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
409311024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
409311024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
409311024 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
409311024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
409311024 BAB I.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
409311024 BAB V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
409311024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe Snowball Throwing Pada materi SPLV dikelas VII SMP Negeri 1 Kisarn T.A. 2013/2014.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP 1 Kisaran T.A. 2013/2014 yang terdiri dari 8 kelas. Dari 8 kelas dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas VII3 sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen A dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan kelas VII4 sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen B dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing, dimana kedua kelas ini yang dijadikan sampel dalam penelitian. Instrumen penelitian ini berupa pretes dan postes yang berbentuk essay tes dan sebanyak 5 soal. Sebelum instrumen diberikan pada siswa terlebih dahulu divalidkan kepada satu orang dosen matematika dan orang guru matematika. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Berdasarkan hasil analisis, pada kelas eksperimen A ( tipe think pair share ) diperoleh rata-rata siswa 40,75 dan postes 76,47 maka tingkat perubahan kelas eksperimen A adalah 35,72. Sedangkan pada kelas eksperimen B diperoleh nilai rata-rata pretes 43,11 dan postes 61,67 maka tingkat perubahan kelas eksperimen B adalah 18,56Uji hipotesis, dari perhitungan data siswa diperoleh pada dk = 68 dan taraf nyata α = 0,05 dan 𝑡 1−12∝ =𝑡0,975 diperoleh ttabel = 1,997 dan thitung = 5,96. diperoleh thitung tidak berada diantara interval -1,996 < t < 1,996 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka disimpulkan ada perbedaan yang berarti antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan Tipe Snowball Throwing pada materi PLSV di kelas VII SMP Negeri 1 Kisaran T.A. 2013/2014. Berdasarkan peningkatan nilai rata-rata pada kedua kelas sehingga disarankan kepada guru matematika untuk dapat menerapkan Model pembelajran kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran matematika pada materi persamaan linier satu variabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Nas p |
Keywords: | Pembelajaran Matematika; Pembelajaran Kooperatif; Tipe TPS; Materi Ajar; Persamaan Linear Satu Variabel; Bentuk Pecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10959 |