Nasution, Nurhamidah (2014) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PLAYER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
409331042 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
409331042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
409331042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
409331042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
409331042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
409331042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
409331042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
409331042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
409331042 BAB I.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
409331042 BAB V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
409331042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa yang menggunakan model pembelajaran inquiry terbimbing dengan menggunakan macromedia flash player. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 2 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari enam kelas, teknik pengampilan sampel secara Random Sampling. Sampel terdiri dari dua kelas dimana kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan macromedia flash player dan kelas X IPA 6 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Masing-masing kelas sampel berjumlah 40 orang siswa. Instrument yang digunakan sebagai alat untuk pengumpulan data yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 19 soal (yang telah divalidkan) dengan pilihan jawaban 5 option (A,B,C,D dan E). Pada kedua kelas dilakukan pre-test serta setelah selesai pengajaran dilakukan post-test. Data penelitian diolah untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan dengan menggunakan uji-t dan hasil penelitian terlebih dahulu diolah untuk mencari rata-rata standart divisiasi (SD) Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan inquiry terbimbing menggunakan macromedia flash player dengan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan tanpa menggunakan inquiry terbimbing menggunakan macromedia flash player. Nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen 28,27 dan post-tes 81,15 dengan rata-rata gain sebesar 0,50. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa pada kelas kontrol 29,52 dan pos-test 78,3 dengan rata-rata gain sebesar 0,30. Sedangkan persentase peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 73% dan pada kelas kontrol 68%. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 5%. Hasil uji statistik menggunakan uji t pihak kanan menggunakan nilai rata-rata post test diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 2,54 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,684 pada taraf signifikan α = 0,05, sehingga thitung>ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang menggunakan model pembelajaran inquiry terbimbing dengan macromedia flash player lebih tinggi dari pada hasil belajar kimia siswa yang tanpa menggunakan model pembelajaran inquiry terbimbing dengan macromedia flash player (konvensional).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 71 Nas p |
Keywords: | Belajar Kimia; Metode Pembelajaran; Pembelajaran Inquiry; Penilaian Dalam Inquiry; Media Pembelajaran; Macromedia Flash Player; Struktur Atom |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10954 |