Anderson, S. Jery (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENTS DIVISION) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
10. BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
12. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara modelpembelajaran kooperatif STAD dengan Jigsaw. Penelitian dilakukan terhadapsiswa kelas X SMA Negeri 6 Medan menggunakan model pembelajarankooperatif tipe STAD sebagai kelas eksperimen 1 dan model pembelajarankooperatif tipe Jigsaw sebagai kelas eksperimen 2. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 79 orang. Hasil belajar kimia siswa yangmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan modelpembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pokok bahasan ikatan kimia diketahuidari kemampuan siswa sebelum dan sesudah proses belajar mengajar. Dari hasiluji data prestest dan posttest tebukti data terdistribusi normal dan homogen. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 1 adalah 30 dan dan postest adalah 48,58 serta nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 2 adalah 21,5 dan posttest adalah 47. Ratarata gain kelas eksperimen 1 adalah 26,90% dan kelas eksperimen 2 adalah 32,44%, selisih peningkatan (% gain) hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 adalah 5,54%. Hipotesis diuji dengan uji t dua pihak padataraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (dk) 60 dan 120. Hasil uji hipotesis diperoleh hitung t < tabel t (0,54 < 1,995) berarti bahwa tidak ada perbedaan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD dan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.224 071 And p |
Keywords: | Belajar; Aktivitas Aktivitas Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Tipe STAD; Ikatan Kimia; Ikatan Ion |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10944 |