Mahulae, Lamrobasa (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI PADA MATERI PERSAMAAN KEADAAN GAS IDEAL DI SMA N 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121050 COVER.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
409121050 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
409121050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
409121050 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
409121050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
409121050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
409121050 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
409121050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
409121050 BAB I.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
409121050 BAB V.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
409121050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan modelpembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) terhadap hasilbelajar kognitif dan aktivitas belajar siswa kelas XI Semester II pada materipokok Persamaan Keadaan Gas Ideal di SMA N 1 Percut Sei Tuan T.P. 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan dsain penelitian duagrup pretes dan postes. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XISemester II SMA N 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 160orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak (cluster randomsampling) dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas yaitu kelas XI IPA 2 sebagaikelas eksperimen dengan jumlah siswa 41 orang dan kelas XI IPA 3 sebagai kelaskontrol dengan jumlah siswa 39 orang. Instrumen yang digunakan ada 2 yaitu teshasil belajar dan lembar observasi. Tes hasil belajar dibuat dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan yang berjumlah 20 soal. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 40.1 dengan standar deviasi 14.64, dan nilai rata-rata kelas kontrol 39.36 denganstandar deviasi 14.66. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data keduakelas berdistribusi normal berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t pretes untuk α = 0,05 dan dengan dk 78 diperoleh thitung = 0,15 dan ttabel = 1,997, thitung <ttabel maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai, dilakukan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 79.36 dengan standar deviasi 11.08 dan kelas kontrol 73.33 dengan standar deviasi 12.43. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 68,03 termasuk kategori aktif. Hasil uji t untuk α = 0,05 dan dengan dk 78 diperoleh thitung = 2,44 dan ttabel = 1,668, sehingga maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Persamaan Keadaan Gas Ideal di SMA N 1 Percut Sei Tuan T.P. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.43 Mah p |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; Aktivitas Belajar; TGT; Massa Molekul; Gas Ideal; Mol; Massa Molekul; Hukum Boyle; Charles-Guy-Lussac |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 04:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10925 |