PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DENGAN MENGGUNAKAN ALAT SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 AIR PUTIH KAB. BATU BARAT.P 2012/2013

Waramita (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DENGAN MENGGUNAKAN ALAT SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 AIR PUTIH KAB. BATU BARAT.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409321059 COVER.pdf]
Preview
Text
409321059 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 409321059 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409321059 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 409321059 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409321059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 409321059 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409321059 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 409321059 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409321059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 409321059 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409321059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 409321059 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
409321059 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 409321059 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409321059 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 409321059 BAB I.pdf]
Preview
Text
409321059 BAB I.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 409321059 BAB V.pdf]
Preview
Text
409321059 BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 409321059 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409321059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modelpembelajaran inquiry training dengan menggunakan alat sederhana terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok cahaya kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Air Putih Kab. Batu Bara T.P 2012/2013Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswakelas kelas VIII SMP Negeri 3 Air Putih Kab. Batu Bara yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VIII-4 dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training menggunakan alat sederhana dan kelas VIII-6 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes yang berbentuk pilihan ganda untuk soal pre-test dan post-test yang dibuat sebanyak 12 soal dan terdiri dari 4 pilihan jawaban dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 21,39 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 20,24. Untuk data pretes, pada pengujian normalitas di kelas eksperimen dengan Lhitung=0,12947 dan Ltabel =0,161; kelas kontrol dengan Lhitung=0,1664 dan Ltabel=0,168, diperoleh Lhitung<Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung=1,85 dan Ftabel=1,93 sehingga Fhitung<Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t diperoleh thitung=0,439 dan ttabel=2.02,sehingga &#8722;&#1050448;&#1051445;&#1051455;&#1051693;&#1051694;&#8733; < &#1050448; < &#1050448;&#1051445;&#1051455;&#1051693;&#1051694;&#8733;yaitu -2,02<0,439<2,02 maka H0 diterima. Dengan demikian kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kelas kontrol. Setelah diberikan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 66,11 dengan Lo=0,158 dan Ltabel=0,161 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai postes siswa 57,74 dengan Lo=0,16747 dan Ltabel =0,168 diperoleh Lo<Ltabel maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung=1,074 dan Ftabel=1,93 sehingga Fhitung<Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,81 > 2,02pada taraf signifikansi &#945; = 0,05 dan dk = 56. Hal ini berarti H0 ditolak dan Haditerima, demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaraninquiry training dengan menggunakan alat sederhana terhadap hasil belajar siswapada materi pokok cahaya kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Air Putih Kab.Batu BaraT.P 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 535.140 712 War p
Keywords: Hasul Belajar; Inquiry Training; Alat Sederhana; Pemantulan Cahaya; Hukum Pemantulan Cahaya; Cermin; Pembiasan Cahaya; Hukum Pembiasan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 15 Aug 2016 07:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10923

Actions (login required)

View Item
View Item