Lumban Batu, Fernando (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 KUALA T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121028 COVER.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
409121028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
409121028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
409121028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
409121028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
409121028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
409121028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
409121028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
409121028 BAB I.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
409121028 BAB V.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
409121028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui pengaruh hasil belajar siswadengan penerapan model Student Team Achievment Division menggunakan animasi pada pokok bahasan listrik dinamis di Kelas X Semester II SMAN 1 Kuala T.P 2012/2013 dan Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan penerapan model Student Team Achievment Division menggunakan animasi pada pokok bahasan listrik dinamis di Kelas X Semester II SMAN 1 Kuala T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas X SMA Negeri 1 Kuala yang berjumlah 7 kelas. Sampel penelitian initerdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X-C dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STADmenggunakan animasi dan kelas X-E dengan menggunakan model pembelajarankonvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu : 1)tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawabansebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan instrumen yangkedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 46,6 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 46,7. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan pembelajaran pembelajaran STAD sebesar 75,3 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 64,8. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung >ttabel yaitu 4,23 > 1,705 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 78. Hal ini berarti Ha terima yang berarti ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pokoklistrik dinamis di SMA Negeri 1 Kuala T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Lum p |
Keywords: | Ranah Kognitif; Ranah Afektif; Psikomotorik; Pembelajaran; Klasik; Kontruktivisme; STAD; Media; Animasi; Ohm; Listrik; Dinamis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10914 |