Nazara, Fiktor Muda (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTU PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 1 BANGUN PURBA T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121030 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
409121030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
409121030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409121030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409121030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
409121030 BAB I.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
409121030 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409121030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh model pembelajarankooperatif tipe STAD berbantu peta konsep terhadap hasil belajar siswa padamateri pokok Listrik dinamis di kelas X SMA Negeri 1 Bangun Purba T.P 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruhsiswa kelas X SMA Negeri 1 Bangun Purba yang terdiri dari 4 kelas. Sampelpenelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster randomsampling, yaitu Kelas X-2 dengan menggunakan model pembelajaran STADberbantu peta konsep dan kelas X-3 dengan menggunakan pembelajarankonvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitupertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 optionsebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli, yang kedua adalahlembar observasi aktifitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan ujihomogenitas. Nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 26,71 kemudian dilakukan uji normalitas, diperoleh Lhitung = 0,0957 < Ltabel = 0,1497. Nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 25,63 kemudian dilakukan uji normalitas, diperoleh Lhitung = 0,1499 < Ltabel = 0,1566. Setelah itu dilakukan uji homogenitas, diperoleh Fhitung =1,220 < Ftabel = 1,808. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian telah terpenuhi persayaratan untuk melakukan uji t dua pihak. Uji t menunjukkan -ttabel < thitung < ttabel (-1,998 < 0,513 < 1,998) dimana Ho diterima, yang berarti kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen 73,57, kemudian dilakukan uji normalitas, diperoleh Lhitung = 0,1349 < Ltabel = 0,1497.Nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 61,72 kemudian dilakukan ujinormalitas, diperoleh Lhitung = 0,1535 < Ltabel = 0,1566. Setelah itu dilakukan uji homogenitas, diperoleh Fhitung = 1,250 < Ftabel = 1,808. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,140 > 1,669 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 65. Hal ini berarti Ha terima, yang berarti ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran STAD berbantu Peta Konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 1 Bangun Purba T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 1 Naz p |
Keywords: | Aktivitas; Hasil; Belajar; Ranah Kognitif; Ranah Afektif; PSikomotorik; STAD; Peta Konsep; Listrik; Dinamis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10911 |