Munthe, Yanty Geulora (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 3 TEBING TINGGI T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121090 Cover.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
409121090 Lembar Pengesahan.PDF - Published Version
Download (445kB) | Preview
409121090 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409121090 Abstrak.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
409121090 Daftar Tabel.PDF - Published Version
Download (50kB) | Preview
409121090 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
409121090 Daftar Gambar.PDF - Published Version
Download (50kB) | Preview
409121090 Daftar Lampiran.PDF - Published Version
Download (50kB) | Preview
409121090 Bab 1.PDF - Published Version
Download (358kB) | Preview
409121090 Bab 5.PDF - Published Version
Download (176kB) | Preview
409121090 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modelpembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswapada materi Listrik Dinamis di kelas X SMA Negeri 3 Tebing Tinggi T.P2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian adalah Two Group Pretest-postest Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Tebing Tinggi yang terdiri 9 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas X-9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-8 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berbentuk tes pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan 5 option, angket, dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t setelah uji prasyarat dilakukan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 36,3dan kelas kontrol 27,9. Untuk data pretes, pada pengujian normalitas di kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1378 dan Ltabel = 0,173, kelas kontrol denganLhitung = 0,1368 dan Ltabel = 0,173, diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Lhitung = 1,68 dan Ltabel = 1,90 sehingga Lhitung < Ltabel, maka sampel berasal dari kelompok homogen. Setelah diberikan perlakuan, diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen 72,30 dengan Lhitung = 0,1478 dan Ltabel = 0,173 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai postes 66,6 dengan Lhitung = 0,1489 dan Ltabel = 0,173, diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Lhitung = 1,38 dan pada Ltabel =1,90, sehingga Lhitung < Ltabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok homogen. Hasil pengujian hipotesis diperoleh Lhitung > Ltabel yaitu 2,326 > 2,006 dengan ∝= 0,05 dan dk = 54, maka Ha diterima yang berarti ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray TSTS) dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi Listrik Dinamis di kelas X SMA Negeri 3 Tebing Tinggi T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Mun p |
Keywords: | Hasil; Belajar; Aktivitas; Pembelajaran Kooperatif; Two Stay Two Stray; Persepsi; Konvensional; Listrik; Dinamis; Arus; Kuat; ohm; Daya |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10910 |