Brutu, Sri Ulina (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TEKANAN DI KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 B. PURBA T.P. 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.
409321054 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409321054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
409321054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409321054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409321054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
409321054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409321054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409321054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409321054 BAB I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
409321054 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409321054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Acheivment Devision) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Semester Genap pada materi pokok Tekanan di SMP Negeri 2 B. Purba T.P. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII Semester genap SMP Negeri 2 B. Purba yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 122 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas berjumlah 60 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 45,33 dan nilai rata-rata kelas kontrol 42,83 dengan standar deviasi 10,580 dan 11,117. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Acheivment Devision) dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 71 dan kelas kontrol 63,66 dengan standar deviasi 10,859 dan 8,995. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 66,18 termasuk kategori cukup aktif. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 2,94 dan ttabel = 1,671, sehingga thitung > ttabel (2,94 >1,671) maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Acheivment Devision) pada materi pokok Tekanan Di Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 B. Purba T.P. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.107 12 Bru p |
Keywords: | Aktivitas Siswa; Hasil Belajar; Ranah Kognitif; Ranah Afektif; Ranah Psikomotorik; Model Pembelajaran; STAD; Konvensional |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10908 |