Purba, Mapperianto (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 TIGARUNGGU T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409621007 COVER.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
409621007 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
409621007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
409621007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
409621007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
409621007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
409621007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
409621007 BAB I.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
409621007 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
409621007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswaakibat pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, serta untukmengetahui aktivitas siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di Kelas XSemester II SMA Negeri 1 Tigarunggu T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan desain penelitian ini adalah Control Group Pretest Posttest dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tigarunggu yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan secara acak dengan teknik Cluster RandomSampling yaitu Kelas X1 yang terdiri dari 37 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X2 yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelas Eksperimen. Instrumen yangdigunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalambentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimenadalah 32,08 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 31,08. Data kedua kelasberdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen sehingga diperoleh hasil uji t dengan thitung < ttabel (0,404 < 2,000). Setelah diberikan perlakuan yang berbeda maka diperoleh nilai postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 72,08 denganstandar deviasi 9,05 dan kelas kontrol 63,65 dengan standar deviasi 8,22. Ratarata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 70,00 termasuk kategori aktif. Hasil pengujian hipotesis postes diperoleh thitung = 4,173 dan ttabel = 1,669, sehingga thitung > ttabel (4,173 >1,669) maka H a diterima, dengan demikian diperoleh bahwa Ada perbedaan hasil belajar akibat pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 1 Tigarunggu T. P. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Pur p |
Keywords: | Hasil Belajar; Listrik Dinamis; Konvensional; Arus; Kuat Arus; Rangkaian; Ohm; Kirch Off; Energi; Daya Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10897 |