Siregar, Devy Permatasari (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA MULIA MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121017 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
409121017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
409121017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
409121017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
409121017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
409121017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409121017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409121017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
409121017 BAB I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
409121017 BAB V.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
409121017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Solving pada materi listrik dinamis di kelas X SMA Mulia Medan TP. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Mulia Medan yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling dengan menentukan kedua kelas yaitu kelas X 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 37 orang dan kelas kontrol berjumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa adalah tes belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan penerapan model pembelajaran problem solving dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitunilai rata-rata pretes kelas eksperimen 28,5 dengan standar deviasi 11,8 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 27,8 dengan standar deviasi 12,6. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel (0,25 < 1,99), maka Ho diterimaartinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikanperlakuan yaitu kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran problemsolving dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Selama prosespembelajaran, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 72,78 dengan kategori nilai B. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 62,7 dengan standar deviasi 11,3 dan kelas kontrol 53,8 dengan standar deviasi 8,8. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data postes diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 4,05 dan ttabel =1,996, sehingga thitung > ttabel (4,05 > 1,996) maka Ha diterima, dengan demikiandiperoleh bahwa ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh modelpembelajaran problem solving terhadap prestasi belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X SMA Mulia Medan TP.2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Sir p |
Keywords: | Quasi Eksperimen; Hasil Belajar; Problem Solving Arus Listrik; Ohm; Hambatan Listrik; Daya Listrik Pembelajaran Langsung; Ranah Kognitif; Ranah Afektif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10895 |