Gultom, Rosalina (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP SWASTA RAKSANA MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409111070 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
409111070 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
409111070 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
409111070 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
409111070 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
409111070 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
409111070 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
409111070 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
409111070 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
409111070 BAB I.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
409111070 BAB V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
409111070 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas danhasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatiftipe think pair share pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP Swasta Raksana Medan T.A. 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Raksana Medan T.A. 2013/2014 yang berjumlah 34 orang dan objek dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi operasi bentuk aljabar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes.Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untukmengetahui kemampuan awal dan kesulitan siswa. Hasil tes awal menunjukkanbahwa masih banyak siswa yang memiliki hasil belajar rendah, terdapat 29 dari 34 siswa belum mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 50,15 danpersentase ketuntasan klasikal 14,71%. Selanjutnya pada pelaksanaan siklus Idengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share padamateri operasi bentuk aljabar persentase ketuntasan klasikal siswa mencapai70,59% atau terdapat 24 siswa yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata kelas 65,15 dan persentase aktivitas siswa pada siklus I adalah 35,29%. Maka terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari tes awal ke siklus I sebesar 55,88%. Kemudian pada pelaksanaan tindakan di siklus II dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan menggunakan alat peraga diperoleh persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 85,29% atau terdapat 29dari 34 orang siswa yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata kelas 73,38 serta persentase aktivitas siswa pada siklus II adalah 79,41%. Maka terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 14,7% dan aktivitas siswa sebesar 44,12%.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP Swasta Raksana Medan T.A. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.260 71 Gul p |
Keywords: | Pembelajaran Matematika; Aktivitas Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Teknik Think-Pair-Share; Bentuk Aljabar; Operasi; Pecahan |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 05:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10892 |