Hayati, Novia (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DENGAN MENERAPKAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IXSMP SWASTA SABILINA T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409311032 COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
409311032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
409311032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
409311032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
409311032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409311032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
409311032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
409311032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409311032 BAB I.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
09311032 BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
409311032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas matematika siswa dengan menggunakan Teori Belajar Bruner di kelas IX SMP Swasta Sabilina Tembung Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IX_1dengan jumlah siswa 39 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model teori belajar Bruner pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX_1 SMP Swasta Sabilina Tembung Tahun Ajaran 2013/2014.Instrumen penelitian ini terdiri dari tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengetahui proses pembelajaran dan aktivitas belajar siswa.Berdasarkan Hasil analisis tes hasil belajar yang diperoleh dengan menggunakan pembelajaran Teori Belajar Bruner hasil belajar (≥ 65) secara klasikal telah tercapai yaitu 34 siswa (87,18%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 74,33. Begitu juga hasil observasi, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu.telah memenuhi kriteria keaktifan klasikal yaitu ≥ 75% siswa memiliki persentase aktivitas ≥ 70% atau tergolong dalam kategori aktif dan sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Teori Belajar Bruner dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Hay u |
Keywords: | pembelajaran matematika; hasil belajar; aktivitas belajar; teori bruner; bangun ruang sisi lengkung; tabung; kerucut |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10886 |