Siregar, Eny Citra Margaretha (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER(NHT) DAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DI KELAS X SMA N.1 KOTAPINANG T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409411009 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
409411009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
409411009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
409411009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409411009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
409411009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
409411009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
409411009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
409411009 BAB I.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
409411009 BAB V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
409411009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih tinggi dari pada tipe Number Head Together (NHT) pada materi Sistem Persamaan Linear dikelas X SMA N.1 Kotapinang T.A. 2013/2014.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA N.1 Kotapinang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-1 yang berjumlah 40 siswa diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) yang disebut sebagai kelas eksperimen A dan kelas X-3 yang berjumlah 40 siswa diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) yang disebut sebagai kelas eksperimen B. Instrumen penelitian ini menggunakan tes berupa essay tes yang telah valid sebanyak 5 soal.Nilai rata-rata hasil pretest siswa pada kelas eksperimen A adalah 54,25 dengan standar deviasi adalah 6,94. Nilai rata-rata hasil pretest siswa pada kelas eksperimen B adalah 59 dengan standar deviasi adalah 6,90. Nilai rata-rata hasil postest siswa pada kelas eksperimen A adalah 72,86 dengan standar deviasi adalah 7,15. Nilai rata-rata hasil postest siswa pada kelas eksperimen B adalah 69,5 dengan standar deviasi adalah 7,05. Dari hasil analisis data berupa uji normalitas data pretest hasil belajar kelas eksperimen A diperoleh Lhitung (0,1082) < Ltabel (0,1401) dan data pretest hasil belajar kelas eksperimen B diperoleh Lhitung (0,1082) < Ltabel (0,1401). Data postest hasil belajar kelas eksperimen A diperoleh Lhitung (0,0633) < Ltabel (0,1401) dan data postest hasil belajar kelas eksperimen B diperoleh Lhitung (0,1099) < Ltabel (0,1401). Dengan demikian dapat disimpulkan kedua kelas berdistribusi normal. Dari hasil analisis data berupa uji homogenitas data pretest diperoleh nilai Fhitung = 1,0094 dan data postest diperoleh nilai Fhitung = 1,0281. Pada taraf signifikan diperoleh harga Ftabel = 1,690. Karena Fhitung < Ftabel maka data pretest dan data postest kedua sampel homogen.Dari uji hipotesis postest diperoleh thitung = 2,15 > ttabel = 1,667sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih tinggi dari pada tipe Number Head Together (NHT) pada materi Sistem Persamaan Linear dikelas X SMA N.1 Kotapinang T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Sir p |
Keywords: | hasil belajar; pembelajaran matematika; pembelajaran kooperatif tipe NHT; STAD; sistem persamaan linier |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10884 |