Hasibuan, Eva Yanti (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP SWASTA NUR IHSAN MEDANTAHUN AJARAN 2013 / 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 409411010 cover.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
2. NIM.409411010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM. 409411010 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
4. NIM. 409411010 Abstrak.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 409411010 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
9. NIM. 409411010 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 409411010 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 409411010 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
10. NIM. 409411010 BAB I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
14. NIM. 409411010 BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
15. NIM. 409411010 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. NIM. 409411010 Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan untuk mengetahui ada atau tidaknya respon siswa dan mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran melalui pendekatan pembelajaran realistik di kelas VIII SMP Swasta Nur Ihsan Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Nur Ihsan Medan tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 25 orang. Objek penelitin ini adalah pembelajaran dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada materi SPLDVuntuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, lembar observasi kegiatan guru dan siswa. Pada akhir siklus II instrumen penelitian diberikan angket respon. Dari hasil tes belajar yang diberikan hasil belajar matematika siswa dari setiap tindakan yang diberikan meningkat. Pada tes diagnostik diperoleh bahwa banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 3 dari 25 orang siswa (12%) dengan rata-rata kelas 49,4 dengan kemampuan sangat rendah. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan pembelajaran melalui pendekatan matematika realistik banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 13 dari 25 orang (52%) dengan rata-rata kelas 65,44 dengan kemampuan sedang. Pada hasil analisis data siklus II banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 22 dari 25 orang (88%) dengan rata-rata kelas 85,24 dan mencapai kemampuan tinggi. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal yaitu minimal 85% dari jumlah siswa, maka daya serap nilai hasil belajar siswa telah mencapai nilai rata-rata minimal 65. Maka dari hasil belajar siswa melalui pendekatan realistik pada tiap siklus meningkat dan telah mencapai target ketuntasan belajar klasikal yang diharapkan.Untuk respon siswa berada pada katergori baik dengan rata-rata 51 (85%). Berdasarkan respon terhadap semua indikator, pada tiap indikator diperoleh bahwa indikator I, III, IV dan V berada pada kategori baik dan pada indikator II berada pada kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan matematika realistik khususnya pada mateti sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Swasta Nur Ihsan Medan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Has u |
Keywords: | pembelajaran matematika; efektivitas pembelajaran; respon siswa; matematika realistik; materi pembelajaran; persamaan linier dua variabel |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10882 |