Tanjung, Rayasih (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN SAVI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IX SMP PERGURUAN AL – HIDAYAH MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409311038 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
409311038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
409311038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409311038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
409311038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
409311038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409311038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
409311038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
409311038 BAB I.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
409311038 BAB V.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
409311038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan Pendekatan SAVI Di Kelas IXD SMP Perguruan Al – Hidayah Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IXD dengan jumlah siswa 40 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui Pendekatan SAVI pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Perguruan Al-Hidayah Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengetahui proses pembelajaran dan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I banyaknya siswa yang memiliki persentase aktivitas ≥ 70% secara klasikal adalah 23 siswa (57,5%) dan di akhir siklus II meningkat hingga mencapai 36 siswa (90%). Dari akhir siklus II diperoleh bahwa persentase aktivitas aktif siswa telah memenuhi kriteria keaktifan klasikal yaitu ≥ 75% siswa memiliki persentase aktivitas ≥ 70%. Hasil analisis tes hasil belajar yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan I dengan menggunakan pembelajaran
pendekatan SAVI hasil belajar (≥ 65) secara klasikal masih belum tercapai karena hanya 23 siswa (57,5%) yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 65,88. Setelah
pelaksanaan tindakan siklus II, hasil belajar siswa (≥ 65) secara klasikal telah tercapai yaitu 32 siswa (90%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 85,20. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 65,62%. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II adalah 32,5%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Tan m |
Keywords: | hasil belajar; aktivitas belajar; pendekatan SAVI; belajar somatic; materi ajar; bangun ruang sisi lengkung |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 05:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10878 |