Sinaga, Ulina Marito (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 16 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409321058 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
409321058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
409321058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
409321058 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
409321058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
409321058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
409321058 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
409321058 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
409321058 BAB I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
409321058 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
409321058 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaraninquiry training terhadap hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui aktivitassiswa selama penerapan model pembelajaran inquiry training pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X Semester II SMA Negeri 16 Medan Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 16 Medan yang terdiri dari 8 kelas paralel. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan X1 sebagai kelas kontrol yang masing- masing terdiri dari 40 orang siswa.Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Alatpengumpul data dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda. Sebelum tespilihan berganda diberikan kepada siswa yang hendak diteliti terlebih dahulu tesdivalidkan oleh dua orang dosen dan satu orang guru fisika. Uji hipotesismenggunakan uji t satu pihak. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 33,88 dan kelas kontrol 33,38, kemudian setelah dilakukan perlakuan yang berbeda yaitu model pembelajaran inquiry training pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol maka diperoleh nilai ratarata postes kelas eksperimen adalah 71,88 dan kelas kontrol 67,00. Dari hasil uji tdiperoleh thitung 2,00 sedangkan ttabel = 1,66 karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas x smester II SMA negeri 16 Medan. Dan aktivitas rataan siswa dalam tiga kali pertemuan, yaitu 55,09%, 66,31%, dan 79,81%. Dari data yang diperoleh maka ada pengaruhmodel pembelajaran inquiry training dalam meningkakan aktivitas belajar padamateri pokok listrik dinamis di kelas x smester II SMA negeri 16 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Sin p |
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Konvensional; Inquiry Training; Listrik Dinamis; Arus Listrik; Kuat Arus Listrik; Rangkaian; Komponen; Hukum Ohm |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 05:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10873 |