Bahriani, Lylis (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE INKUIRI DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI GERAK LURUS DI KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 2 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409421010 COVER.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
409421010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
409421010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409421010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409421010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409421010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409421010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409421010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409421010 BAB I.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
409421010 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409421010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswadengan metode inkuiri dan pembelajaran konvensional pada materi pokok geraklurus kelas VII semester II di SMP Negeri 2 Medan T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Medan yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 315 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yang terpilih yaitu kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 45 orang dan kelas VII-7 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 45 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yangdilakukan oleh dua observer. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 26,22 dengan standar deviasi 11,59 dan nilai rata-rata kelas kontrol 25,56 dengan standar deviasi 10,88. Pada hasil uji t pretest diperoleh nilai pretest thitung > ttabelyaitu 0,304<1,991 maka H0 diterima maka kemampuan awal siswa pada kelaseksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Kemudiandiberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan metode inkuiri dankelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 65,33 dengan standar deviasi 11,45 dan kelas kontrol 56,78 dengan standar deviasi 11,14. Ratarata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 74,95 termasuk dalam kriteriaaktif. Hasil uji t diperoleh thitung = 3,23 dan ttabel = 1,99 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan metode inkuiri dan pembelajaran konvensional pada materi gerak lurus kelas VII semester II di SMP Negeri 2 Medan T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 533.270 712 Bah p |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Pembelajaran; Inquiry; Gerak Lurus; Jarak GLBB; GLB |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10872 |