Sihombing, Hermansyah (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING YANG DI INTEGRASIKAN DENGAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
409431015 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
409431015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
409431015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409431015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409431015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
409431015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409431015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409431015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
409431015 BAB I.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
409431015.BAB V.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409431015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar kimia siswadengan menggunakan pembelajaran Quantum Teaching yang di integrasikan dengan media Macromedia Flash pada pokok bahasan hidrokarbon di SMA Swasta Teladan Medan pada kelas X. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen I yang diajarkan pembelajaran Quantum Teaching dengan media Macromedia Flash dan kelas eksperimen II yang diajarkan tanpa pembelajaran Quantum Teaching (Ceramah, Tanya Jawab, dan Tugas) dengan media Macromedia Flash. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, realibilitas,tingkat kesukaran dan daya beda soalnya.Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen I(Quantum Teaching) adalah 36,82 dan rata-rata pre-test kelas eksperimen II(Konvensional) adalah 35,68. Semua data pre-test, post-test dan diperoleh databerdistribusi normal. Data tersebut kemudian di uji homogenitas sehinggadiketahui kedua kelas homogen. Setelah diberi perlakuan maka diperoleh rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen I sebesar 80,00 dan pada kelas eksperimen II diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 68,64. Dari data tersebut setelah dianalisis, maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I adalah sebesar68,77% dan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen II adalah sebesar51,72%. Sehingga dapat diketahui bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajardengan media Macromedia Flash dan pembelajaran Quantum Teaching lebihtinggi daripada hasil belajar kimia siswa tanpa pembelajaran Quantum Teaching (Konvensional).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.410 712 Sih p |
Keywords: | Hakikat; Belajar; Kimia; Quantum Teaching; Media; Pembelajaran; Macromedia Flash; Atom Karbon; Alkana; Hidrokarbon |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 05:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10864 |