Setianingsih, Esti (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 409331013 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. 409331013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4. 409331013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
5. 409331013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. 409331013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
8. 409331013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7. 409331013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
9. 409331013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
11. 409331013 BAB I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
15. 409331013 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
10. 409331013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan M3PK dengan hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian adalah 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan M3PK dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan M3PK yang masing-masing kelas bejumlah 36 orang diambil secara purpossive sampling. Sebelum proses belajar mengajar dimulai, terlebih dahulu dilakukan pembagian hand out seminggu sebelum pertemuan pertama pada kedua kelas dan dilakukan pre-test serta setelah selesai pengajaran dilakukan post-test. Data penelitian diolah untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan dengan menggunakan uji-t dan hasil penelitian terlebih dahulu diolah untuk mencari rata-rata dan Standart Deviasi (SD). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan M3PK dengan hasil belajar kimia siswa yang diajar tanpa menggunakan M3PK. Nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen adalah 41,83 dengan Standart Deviasi 12,84 dan nilai rata-rata post-test sebesar 85,56 dengan standart deviasi 6,65. Nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol adalah 43,22 dengan Standart Deviasi 13,20 dan nilai rata-rata post-test sebesar 83,75 dengan Standart Deviasi 6,49 . Dari pengujian hipotesis taraf signifikan α = 0,05 untuk data post-test diperoleh thit 1,72 sedangkan ttab1,66 jadi didapat bahwa thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berarti hasil belajar siswa yang diajar menggunakan M3PK Simson Tarigan lebih tinggi dari hasil belajar kimia siswa tanpa menggunakan M3PK Simson Tarigan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.107 12 Set p |
Keywords: | Kimia; Koloid; M3PK; Kontruktivisme; Belajar; Konsep Anak; Model Perubahan Konsep; Kimia; Hand Out |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD901 Crystallography |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10850 |