Sagala, Heber A.N. (2013) PENGARUH PENERAPAN ADOBE FLASH DAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA SWASTA PARULIAN II MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
061244210020 JUDUL.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
061244210020 lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
061244210020Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
061244210020Abstrak.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
061244210020daftar isi.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
061244210020DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
061244210020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
061244210020DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
061244210020BAB I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
061244210020BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
061244210020daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan AdobeFlash dan power point terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrikdinamis di kelas X SMA Swasta PARULIAN II MEDAN T.P 2012/2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Swasta PARULIAN II Medan, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas A dan kelas B dimana setiap kelas terdiri dari 39 orang siswa. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XA (sebagai kelaseksperimen) dan kelas XB (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah39 orang yang ditentukan dengan cara Random Sampling. Untuk memperoleh datayang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda denganjumlah 15 item dan terdiri dari 5 pilihan jawaban. Semua soal dalam penelitian ini diambil dari dari buku Fisika SMA kelas X disesuaikan dengan kompetensi dan soal divalidasi kepada validator yaitu satu orang dosen fisika UNIMED dan satu orang guru fisika. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan (uji normalitas dan uji homogenitas).Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimenadalah 43,21 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 41,50. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah homogen. Kemudian diberikanperlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan menggunakan media Adobe Flash kelas kontrol dengan menggunakan media power point. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,35 dan kelas kontrol 65,44. Hasil pengujian normalitas pada kelas eksperimen,dari data skor pretes siswa kelas eksperimen adalah Lhitung<Ltabel atau0,1214<0,1419 dan dari data skor postes, Lhitung<Ltabel atau 0,13355<0,1419,begitu juga pada kelas kontrol, dari data skor pretes Lhitung<Ltabel atau0,1037<0,1419 dan dari data skor postes, Lhitung<Ltabel 0,1269<0,1419 inimenyimpulkan bahwa data berdistribusi normal baik di kelas Ekperimen maupundi kelas Kontrol melalui Uji Lilliefors dengan taraf nyata 􀟙=0,05. Pada hasilPengujian hipotesis diperoleh thitung = 3,90 sedangkan ttabel = 1,993. Karena thitung >ttabel (3,90 >1,993) maka Ho ditolak, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh penerapan Adobe Flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X SMA SwastaPARULIAN II MEDAN T.P. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Sag p |
Keywords: | Media Pembelajaran; Media Komputer; Adobe Flash; Rangkaian; Komponen; Resistor; Hukum Ohm |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10840 |