Harefa, Ratna Syah Putri (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTU PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409421023 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
409421023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
409421023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
409421023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
409421023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
409421023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
409421023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
409421023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
409421023 BAB I.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
409421023 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
409421023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantu Peta Konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar T.P. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar yang terdiri dari 17 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, terdiri dari dua kelas yaitu yaitu Kelas X-1 dengan menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw berbantu Peta Konsep dan kelas X-9 dengan menggunakan Model Pembelajaran Langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli dan yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 26,29 dan nilai rata-rata kelas kontrol 25,81. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1221 dan Ltabel = 0,1591, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1575, dan Ltabel = 0,1591, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,21 dan Ftabel = 1,84 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan Model Pembelajaran Jigsaw dan kelas kontrol dengan Model Pembelajaran Langsung. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 74,84 dengan dan kelas kontrol 60,81. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 77, 33 termasuk kategori aktif. Hasil uji t diperoleh thitung = 7,64 dan ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada perbedaan akibat pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 2 Pematangsiantar T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Har p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Jigsaw; Peta Konsep; Listrik; Rangkaian; Komponen; Resister; Hukum Ohm |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10833 |