Sihotang, Samrihot (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TEKANAN DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 PARLILITAN T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121073 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
409121073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
409121073 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
409121073 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
409121073 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
409121073 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409121073 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409121073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409121073 BAB I.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
409121073 BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
409121073 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk melihat aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri pada materi pokok Tekanan di Kelas VIII SMP Negeri 3 Parlilitan T.A. 2012/2013. 2) Untuk melihat hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri pada materi pokok Tekanan di Kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Parlilitan T.A. 2012/2013 . 3) Untuk melihat hasil belajar siswa dengan menggunakan Pembelajaran Konvensional pada materi pokok Tekanan di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Parlilitan T.A. 2012/2013. 4) Mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Tekanan di kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Parlilitan TA 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 3 Parlilitan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas VIII B dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dan kelas VIII A dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa pada pembelajaran Inkuiri.Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 47,40 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 43,00. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan pembelajaran pembelajaran Inkuiri sebesar 72,80 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 60,80. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,529 > 1,676 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 48. Hal ini berarti Ha diterima yang berarti ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada Materi Pokok Tekanan Dikelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Parlilitan T.A. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.107 12 Sih p |
Keywords: | Aktivitas Siswa; Hasil Belajar; Ranah Kognitif; Ranah Afektif; Ranah Psikomotorik; Model Pembelajaran; Pembelajaran Inkuiri |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10805 |