Nasution, Sheila Pratiwi (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TEKANAN DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe NHT pada materi pokok Tekanan di kelas VIII Semester II SMP Negeri 15Medan Tahun Pelajaran 2012/2013. 2) Mengetahui hasil belajar siswa denganmenggunakan pembelajaran model konvensional pada materi pokok Tekanan di kelas VIII Semester II SMP Negeri 15Medan Tahun Pelajaran 2012/2013. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran koperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Tekanan di kelas VIII Semester II SMP Negeri 15Medan Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 15Medanyang terdiri dari 7 kelas yang berjumlah 265 siswa. Sampel penelitiandiambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas VIII-7 berjumlah 35 siswa dengan menggunakan model pembelajaranNumbered Head Together(NHT) dan kelas VIII-6 berjumlah 35 siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid. Dari analisa data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen 40,71 pada kelas kontrolsebesar 40,86. Kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji kemampuan awal siswa diperoleh hit t = 0,063. Pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh tab t = 1,998(hitung t < tabel t) yang berarti Ho diterima, sehingga dapat disimpulkan kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Untuk postest diperoleh skor rata-ratapostest kelas eksperimen 74,57 pada kelas kontrol sebesar 64,57. Kedua kelas menunjukkan berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji hipotesis diperoleh hitung t = 4,51. Pada tarafnyata α = 0,05 diperoleh tabel t = 1,668 ( hitung t > tabel t ) yang berarti Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signitifikan model pembelajaran Numbered HeadTogether (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Tekanan di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 15 Medan Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.107 12 Nas p |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; NHT; Tekanan Hidrostatis; Hukum Pascal; Hukum Archimedes |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10804 |